iOS

MARITIME LINE » » ITS raih penghargaan The Spirit of Atlantic Challenge di Irlandia

ITS raih penghargaan The Spirit of Atlantic Challenge di Irlandia

Senin, 30 Juli 2012

Rojo Segoro Kapal Merdeka III
ITS raih penghargaan kebaharian internasional

Tim Maritime Challenge Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meraih penghargaan bergengsi dalam lomba kebaharian internasional "Atlantic Challenge 2012" yang diselenggarakan di Bantry, Irlandia, pada 21-29 Juli.

Menurut Pembina Tim Maritime Challenge ITS, Prof. Daniel M. Rosyid, PhD, tim ITS mendapat penghargaan "The Spirit of Atlantic Challenge" pada Sabtu (28/7) waktu setempat atau Minggu dini hari di Indonesia. "Presiden Atlantic Challenge International, Lee Scarborough dari AS, mengumumkan bahwa ITS memperoleh penghargaan tertinggi itu. Seketika semua anggota Tim ITS Maritime Challenge menangis karena terharu. Sebagian lagi langsung sujud syukur," kata Prof. Daniel, Minggu (29-7-2012).

Ia menjelaskan, penyelenggara memberikan penghargaan itu karena walaupun tidak memenangkan semua nomor perlombaan namun keterlibatan Tim Indonesia selama lomba dinilai mencerminkan semangat Atlantic Challenge yang kuat. "Itu penghargaan untuk tim terbaik dalam kerja sama dengan negara lain, sebab kompetisi itu bukan sekadar kompetisi kebaharian, namun bagaimana membangun spirit kebaharian dan menjalin kesepahaman antarbangsa," ujarnya.

Dosen di Fakultas Teknologi Perkapalan ITS itu menjelaskan, tim ITS pernah meraih penghargaan bergengsi "The Spirit of Atlantic Challenge" pada kegiatan "Atlantic Challenge 2002" di Rockland, Amerika Serikat. Kini, setelah 10 tahun, penghargaan itu kembali diterima tim ITS dengan kapal "Rojo Segoro".

Menurut Humas ITS MC, Fiqhy Dian Nashrullah, dari 15 tim yang mengikuti perlombaan itu hanya Tim Indonesia yang membangun kapal mereka sendiri.

www.antaranews.com
Prokimal Kotabumi5 Kotabumi Lampung Utara

Artikel terkait :