iOS

MARITIME LINE » » Kapal Bertenaga Surya Turanor Planetsolar Selesaikan Misi Pelayaran Keliling Dunia

Kapal Bertenaga Surya Turanor Planetsolar Selesaikan Misi Pelayaran Keliling Dunia

Minggu, 06 Mei 2012

Turanor Planetsolar
Kapal Bertenaga Surya Turanor Planetsolar Selesaikan Misi Pelayaran Keliling Dunia

Setelah menghabiskan waktu selama 18 bulan untuk misi pelayaran mengelilingi dunia, akhirnya kapal bertenaga surya terbesar di dunia, Turanor Planetsolar, kembali memasuki Monaco, pelabuhan keberangkatannya. Kapal yang murni digerakkan oleh tenaga listrik yang berasal dari sinar matahari ini memulai pelayaran keliling dunia pada 27 September 2010 lalu. Dan pada 4 Mei 2012 lalu sudah kembali di pelabuhan awal ia bertolak.

Pada misi pelayaran keliling dunia tersebut, Turanor Planetsolar ditangani oleh lima orang awak. Kapal bertenaga surya ini memiliki panjang 31 meter dan lebar 15 meter. Dilengkapi dengan panel surya seluas 537 meter persegi sebagai sumber supply listrik pada empat mesin penggeraknya, Turanor Planetsolar mampu melaju dengan kecepatan 14 knot. Sebagian besar body kapal terbuat dari serat karbon.

Raphaƫl Domjan, pemimpin misi pelayaran keliling dunia tersebut menuliskan pada catatannya, "8 tahun kami telah bekerja untuk misi pelayaran keliling duni dengan menggunakan tenaga matahari ini. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, besok kami akan melewati bujur terakhir dan kemudian mencapai Monaco, titik keberangkatan petualangan kami. Jumat 4 Mei 2012, pada siang ini kami berhasil dalam perjalanan keliling dunia dengan energi surya".

planetsolar.org
Prokimal Kotabumi5 Kotabumi Lampung Utara

Artikel terkait :