iOS

MARITIME LINE » » Kapal Phinisi Cinta Laut Dan Perahu Sandeq Hadiri Undangan Budaya Di Johor, Malaysia

Kapal Phinisi Cinta Laut Dan Perahu Sandeq Hadiri Undangan Budaya Di Johor, Malaysia

Jumat, 09 November 2012

Phinisi Cinta Laut
Phinisi dan Sandeq Jadi Duta Budaya ke Malaysia

Untuk pertama kalinya, dua perahu legendaris dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, phinisi dan sandeq akan berduet menjadi duta budaya dari Indonesia di acara kebudayaan tingkat internasional di Malaysia. Dalam rangka pertukaran budaya, dua perahu tradisional tersebut diundang menghadiri "Perayaan Sempena Peristiharaan Bandar Maharani Bandar Diraja", Muar Johor, Malaysia pada 20 - 26 November 2012 mendatang. "Perahu phinisi akan diwakili phinisi Cinta Laut yang akan memulai pelayaran ke Johor Malaysia, Kamis (8/11/2012)," kata Ratna Maruddin, salah seorang panitia acara Pelepasan Kapal Phinisi KLM Cinta Laut.

Di atas kapal dibawa serta dua unit perahu sandeq beserta pelayarnya yang didatangkan khusus dari Mandar, Sulawesi Barat. Nantinya Phinisi Cinta Laut dan sandeq Sossorang 1 dan Sossorang 2 akan berparade. Phinisi Cinta Laut adalah kapal riset milik Lembaga Perahu, Universitas Hasanuddin Makassar. Phinisi tersebut dibuat di Bulukumba pada tahun 2003. Setiap tahun, Cinta Laut berlayar melakukan penelitian di Selat Makassar dan Laut Flores, khususnya Kepulauan Spermonde dan Kepulauan Taka Bonerate.

Lembaga Perahu juga memiliki program praktik berlayar bagi mahasiswa beberapa perguruan tinggi di Indonesia, yaitu Universitas Hasanuddin, Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Gorontalo, dan Universitas Gadjah Mada. Phinisi Riset Cinta Laut juga pernah digunakan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI melakukan penelitian pulau-pulau kecil, mulai dari Laut Flores hingga Kepulauan Banggai dan Kepulauan Togian. Organisasi pecinta alam Wanadri juga menggunakan Cinta Laut dalam Ekspedisi Garis Depan Nusantara bagian timur Indonesia. Pelayaran selama beberapa bulan mengunjungi satu per satu pulau-pulau terdepan (terluar) Nusantara yang berbatasan dengan negara lain.

Phinisi yang berlayar akan diawaki enam kru Cinta Laut, dua pelayar sandeq dari Mandar, dan perwakilan Lembaga Perahu. Mereka adalah Oding Wahyudin (nakhoda), Sainuddin Dg. Nai (kepala kamar mesin), Abdillah (operator), Nurdin Dg. Rurung (koki), Youdi Rambi (juru minyak), Muhammad Irwan Mappa (jurumudi), Jabir Yongnge (pelayar sandeq), dan Sadar Cadang (pelayar sandeq). "Kami akan menempuh pelayaran Makassar - Johor - Makassar kurang lebih 4.000 mil laut dengan waktu tempuh sekitar satu bulan, melintasi Selat Makassar, Laut Jawa, Selat Karimata, dan Selat Malaka. Ini merupakan pelayaran pertama phinisi Cinta Laut ke luar negeri," kata Muhammad Ridwan, perwakilan Lembaga Perahu.

Dalam rangka pelayaran phinisi Cinta Laut ke Johor, Malaysia, Universitas Hasanuddin mengadakan acara pelepasan di Anjungan Pantai Losari, Makassar. Acara dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, Rektor Universitas Hasanuddin, Ketua Lembaga Perahu, dan Pegawai Daerah Muar Johor, Malaysia. Sebelum melepas pelayaran, dilaksanakan penandatanganan kontrak "Persepahaman Perjanjian Bersama Antara Lembaga Perahu Makassar Indonesia dan Pejabat Daerah Muar Johor Malaysia." Acara tersebut diiringi tarian Saouran Bushi oleh Japan Lovers Community dan tarian Paduppa oleh UKM Tari Universitas Hasanuddin.

regional.kompas.com
Prokimal Kotabumi5 Kotabumi Lampung Utara

Artikel terkait :