iOS

MARITIME LINE » » Triple-E Maersk, Calon Kapal Laut Terbesar Di Dunia

Triple-E Maersk, Calon Kapal Laut Terbesar Di Dunia

Senin, 05 November 2012

Triple-E Maersk
Triple-E Maersk, Calon Kapal Laut Terbesar Di Dunia

Daewo, galangan kapal terkemuka di Korea Selatan tengah melaksanakan proses pembangunan kapal Triple-E Maersk yang merupakan pesanan dari perusahaan Maersk Line. Jika telah diluncurkan dari galangan, kapal dengan harga US.$ 190 juta ini bakal menjadi kapal terbesar di dunia. Triple-E Maersk memiliki panjang 400 meter dan dirancang untuk kapasitas angkut 18.000 TEU. TEU adalah jenis kontainer dengan panjang 20 kaki. Kapasitas angkut ini menjadi 2.500 TEU lebih banyak dari kapasitas angkut yang dimiliki oleh kapal kargo terbesar di dunia saat ini, Emma Maersk yang juga milik perusahaan Maersk Line.

Spesifikasi dan kapasitas yang dimiliki Triple-E Maersk bisa menekan pemakaian bahan bakar dan emisi CO2 hingga sebesar 20 persen per container (TEU). Galangan kapal Daewo akan membangun 10 unit kapal dengan kelas Triple-E Maersk ini yang dijadwalkan akan beroperasi pada tahun 2013 dan 2015. Selanjutnya 20 unit kapal sejenis akan menyusul pembuatannya.

Gelar kapal laut terbesar di dunia yang masih beroperasi saat ini disandang oleh kapal Emma Maersk (panjang 396 meter), Berge Emperor (panjang 380 meter), Allure of the Seas (panjang 361 meter), dan kapal induk USS Enterprise (panjang 341 meter). Sebenarnya kapal terbesar di dunia yang pernah dibuat adalah kapal Knock Nevis dengan panjang 458 meter. Tapi kapal ini sudah tidak dioperasikan lagi (berlayar) dan kabar terakhir bahwa kapal ini difungsikan sebagai Floating Storage dan Offloading Unit sehingga tidak berhak lagi untuk masuk dalam jajaran kapal berukuran terbesar di dunia.

www.gizmag.com
Prokimal Kotabumi5 Kotabumi Lampung Utara

Artikel terkait :