iOS

MARITIME LINE » » Ski Air

Ski Air

Selasa, 01 Januari 2013

Ski Air
Di Indonesia, cabang olah-raga air sudah cukup mendapat tempat di hati masyarakatnya. Ini karena kawasan Indonesia memiliki kawasan laut yang sangat luas. Umumnya olah-raga air yang sering dilakukan orang adalah berenang. Tapi ada juga beberapa cabang olah-raga air lainnya yang memiliki penggemar yang tak kalah banyaknya. Misalnya ski air, dayung, menyelam, selancar, perahu layar, dan sebagainya. Ini cabang-cabang olah-raga yang menyenangkan. Dari sekian banyak cabang olah-raga air, ski air dan selancar termasuk olah-raga air yang baru dikenal orang. Terutama pada abad 20 yang lalu. Pada tulisan ini kita membatasi diri dengan hanya membicarakan ski air saja.

Terlepas dari semua itu, sebenarnya sejak kapan orang sudah memainkan olah-raga ski air ini? Ternyata pada awalnya permainan ski air ini diilhami oleh permainan papan luncur salju yang sudah terlebih dulu ada. Ide ini pertama kali ditemukan pada tahun 1922 oleh seorang anak muda asal Minnesota, Ralph Samuelson yang pada waktu masih berusia 18 tahun. Ralph berfikir, jika papan luncur bisa dimainkan di atas permukaan salju, barangkali bisa juga meluncur pada permukaan air. Ide itu segera dilaksanakannya walau pun pada kenyataannya hal itu tidak semudah yang dia kira. Percobaan meluncur menggunakan papan luncur pada permukaan air pertama kali dilakukan bersama seorang kakak laki-lakinya, Ben. Tepatnya pada tanggal 28 Juni 1922. Tapi mengalami kegagalan.

Tapi Ralph tetap berusaha merealisasikan idenya itu hingga dia akhirnya berhasil menluncur menggunakan papan peluncur ski es yang ditarik oleh perahu bermotor. Sejak kerberhasilannya itu, permainan ski air segera menjadi permainan yang populer. Pihak yang turut membuat olah-raga ini menjadi terkenal adalah para anggota Angkatan Laut Perancis.

Belum ada catatan akurat yang bisa menginformasikan sejak kapan skir air masuk ke Indonesia. Namun ada catatan yang mengungkapkan bahwa Almarhum Mayor Jendral (Purn) Andi Mattalatta disebut-sebut sebagai perintis olah-raga ski air ini di Indonesia. Beliau memulainya di pantai Lumpue, Pare-Pare. Dengan peralatan seadannya pak Andi Mattalatta memulai usahanya untuk memperkenalkan ski air. Bahkan untuk papan ski, terpaksa dibuat sendiri karena waktu itu sulit mendapatkannya. Tali penariknya pun hanya tali yang terbuat dari ijuk.

Organisasi induk olah-raga ski air yang pertama adalah Persatuan Olah-Raga Perairan Indonesia (PEROPI). Organisasi ini mencakup beberapa cabang olah-raga air, seperti layar, Ski Air, Dayung, Power Boat, dan selam. Di kemudian hari olah-raga ski air memiliki induk organisasi sendiri, yang disebut Persatuan Ski Air Seluruh Indonesia dan disingkat menjadi PSASI. Organisasi ini diresmikan pada tanggal 14 September 1971 dengan Ketua Umumnya yang pertama adalah Alm. Mayjend Andi Mattaltta.
Prokimal Kotabumi5 Kotabumi Lampung Utara

Artikel terkait :